Instalasi Gizi

/Instalasi Gizi
Instalasi Gizi 2018-06-25T07:05:56+00:00

Merupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan pelayanan gizi di rumah sakit, untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien rawat inap,maupun pasien Haemodialisa.Untuk pembagian ruangan /bagian di Instalasi Gizi Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap sudah sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga lebih menjaga kesterilisasian makanan dan penyajiannya. Instalasi Gizi rumah sakit kami mempunyai 3 staf ahli di bidang gizi yang bertugas untuk memonitoring kebutuhan gizi pasien, menu makanan pasien, diit untuk pasien-pasien yang sedang dalam perawatan.

Kegiatan pelayanan gizi

  1. Penyelenggaraan makan
    Yaitu suatu rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan menu sampai dengan pendistribusian makanan kepada konsumen, melalui pemberian makanan / diet yang tepat dalam rangka pencapaian status kesehatan yang optimal.
    Tujuan : menyediakan makanan dengan kualitas yang baik dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
    Sasaran : Pasien dan Pegawai Rumah Sakit Islam Fatimsh Cilacap, biaya makan pasien sudah termasuk dalam biaya akomodasi rawat inap pasien sesuai dengan kelas.
  1. Asuhan gizi
    Yaitu sarana dalam upaya pemenuhan zat gizi kepada pasien melalui serangkaian proses kegiatan pelayanan gizi yang berkesinambungan mulai dari perencanaan diet hingga evaluasi perencanaan diet.
    Tujuan : memenuhi kebutuhan zat gizi pasien secara optimal baik berupa pemberianmakanan pada pasien rawat inap maupun konseling gizi pada pasien rawat jalan.Kegiatan asuhan gizi meliputi :

    • Pengkajian status gizi (Antopometri, pemeriksaan fisik, laborat)
    • Penentuan kebutuhan gizi sesuai dengan status gizi dan penyakit
    • Penentuan macam / jenis diet yang sesuai dengan status gizi dan penyakit
    • Konseling / Konsultasi gizi menggunakan program Nutri 2008 dan Nutriclin. Diet yang diberikan antara lain : Diet menurunkan berat badan, Gizi lanjut usia, Diet lambung, Diabetes mellitus, Rendah cholesterol, Diet hati, Rendah garam, Energi tinggi protein tinggi, Tinggi serat, Diet batu saluran kemih, Diet ginjal, Rendah purin, Diet ibu hamil dan ibu menyusui, Diet hiperemesis dan pre-eklamsia
    • Pemantauan dan evaluasi terapi gizi
    • Pemberian makanan ekstra pemberian tambahan makanan berupa 60 gr susu + lauk hewani 2X per hari bagi pasien dengan Indeks Masa Tubuh ( IMT) <17% (Gizi Buruk)
  1. Penelitian dan pengembangan gizi sederhana
    Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan gizi rumah sakit. Kegiatan ini lebih banyak difokuskan pada lingkup unit pelayanan gizi seperti teknologi, penyederhanaan, cara kerja serta penilaian hasil kerja yang dicapai.